ga('send', 'pageview');
Izda Putra

ButinaraNews.Net

Aktual & Terkini

66 kali dibaca

Bawang Putih Ampuh Mengatasi Flu?

BUTINARA,KESEHATAN – Cuaca yang sedang tidak menentu saat ini bisa mengancam kebugaran tubuh Anda. Penyakit seperti flu adalah salah satunya, tapi jangan khawatir. Pasalnya, bawang putih disebut-sebut bisa menjadi cara mengatasi flu secara alami.

Flu atau influenza adalah suatu reaksi peradangan saluran pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus. Gejala yang biasanya dialami pengidap flu di antaranya:

Sesak napas dengan atau tanpa sumbatan hidung
Bersin-bersin
Tenggorokan gatal
Hidung meler
Batuk
Suara serak
Lemas
Sakit kepala
Demam (biasanya ringan)
Mata berair

Gejala-gejala di atas biasanya akan mereda dalam waktu 4-10 hari. Meski demikian, batuk dengan atau tanpa dahak dapat berlangsung sampai minggu kedua. Nah, untuk mengatasi kondisi ini, ampuhkah penggunaan bawang putih?Disampaikan dr. Karin Wiradarma, M. Gizi dari KlikDokter, bawang putih atau Allium sativum memang punya manfaat untuk Anda yang mengalami flu.

“Bawang putih itu mengandung sejumlah vitamin yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini mampu menjadi obat alami untuk atasi flu. Bahkan dalam beberapa studi, bawang putih bisa mengurangi jumlah kasus flu hingga lebih dari 50 persen,” ujar dr. Karin. Dia menambahkan, “Bawang putih mengandung antioksidan tinggi yang mampu mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif dalam tubuh yang disebabkan oleh virus. Karena itulah, segala jenis virus, seperti virus penyebab flu dan batuk, bisa diatasi dengan mengonsumsi bawang putih.”

Selain kandungan antioksidan, kandungan vitamin C dalam bawang putih juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Vitamin C ini akan berperan untuk membunuh virus, kuman dan jamur yang menyebabkan penyakit. Saat tubuh sedang sakit, sistem kekebalan tubuh juga akan ikut melemah. Anda pun membutuhkan sejumlah makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, baik dari buah, sayuran, termasuk juga bawang putih. Untuk mendapatkan manfaatnya, bawang putih bisa dikunyah secara mentah, dimasak, dibakar, atau dicampurkan dengan makanan-makanan tertentu. Ternyata, mudah dan murah untuk mendapatkan obat flu alami.

Akan tetapi, dr. Karin menyarankan agar umbi berbau menyengat ini dikonsumsi dengan cara dipanaskan (baik itu dibakar atau dimasak) dengan kondisi sudah dipotong-potong terlebih dahulu. Hal ini karena senyawa allicin dalam bawang putih yang berperan sebagai antioksidan hanya akan aktif jika bahan makanan dipanaskan.

Kandungan bawang putih dan manfaatnya Kandungan allicin tidak hanya berperan penting untuk mengatasi flu, tetapi kandungan ini juga berfungsi untuk membuang racun dari dalam tubuh.

“Allicin sendiri merupakan antioksidan kuat yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak organ tubuh, salah satunya hati. Selain itu, allicin dalam bawang putih juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang bisa membasmi sel kanker di organ hati,” kata dr. Karin.

“Kandungan lain dalam bawang putih, yakni selenium, mampu meningkatkan aktivitas antioksidan. Bawang putih juga mengandung arginin untuk membuat pembuluh darah rileks sehingga menjaga tekanan darah pada hati, ” jelasnya lagi.

Vitamin B6 dan C pada bawang putih juga baik untuk kesehatan hati. Vitamin B6 dapat melawan peradangan pada organ hati. Vitamin C juga merupakan antioksidan sehingga melawan kerusakan sel organ hati.Selain itu, bawang putih juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi, suplemen bawang putih dapat mengurangi kadar kolesterol total LDL sekitar 10 sampai 15 persen. Bawang putih tampaknya memang berkhasiat menurunkan LDL tetapi tidak memiliki efek negatif pada kolesterol baik (HDL).

Tidak hanya berhenti sampai di situ, bawang putih juga terbukti mampu meningkatkan kadar hormon estrogen yang berkaitan dengan kekuatan tulang wanita. Dengan kata lain, bawang putih dapat menjaga kesehatan tulang pada wanita yang menopause.

Jadi, bawang putih ampuh mengatasi flu, sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Anda bisa memanfaatkannya sebagai pengobatan alami yang mudah, murah, sekaligus relatif minim efek samping.

Namun, perlu diingat juga, jangan dikonsumsi secara berlebihan! Terlalu banyak makan bawah putih bisa menyebabkan aroma mulut tidak sedap. Tentunya, ini akan mengganggu orang-orang di sekitar Anda.(HNS/AYU/klikdokter)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *