ga('send', 'pageview');
Izda Putra

ButinaraNews.Net

Aktual & Terkini

60 kali dibaca

Puan Anak Megawati Diusul Jadi Ketua DPR RI

 

Megawati dan Puan Maharani

BUTINARA,JAKARTA- Formasi pimpinan DPR 2019-2024 nyaris terbentuk. 4 Fraksi sudah menetapkan nama di kursi pimpinan DPR, hanya PKB yang belum memutuskan pilihan.

Sesuai Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), lima kursi pimpinan DPR menjadi milik lima partai peraih suara terbanyak. Kursi ketua DPR jadi milik PDIP sebagai pemenang Pemilu 2019, sementara 4 kursi wakil jadi milik Golkar, Gerindra, PKB, dan NasDem.

Dari 5 partai yang telah disebut di atas, hanya Fraksi PKB DPR yang belum memutuskan nama. 4 Fraksi lainnya sudah memilih nama pemilik kursi pimpinan DPR. Jika tak ada perubahan keputusan dari partai, maka formasi pimpinan DPR minus PKB akan jadi sebagai berikut:

Ketua DPR (PDIP): Puan Maharani
Wakil Ketua DPR (Golkar): Azis Syamsuddin
Wakil Ketua DPR (Gerindra): Sufmi Dasco Ahmad
Wakil Ketua DPR (NasDem): Rachmat Gobel
Wakil Ketua DPR (PKB): –

Para pimpinan DPR pilihan partai ini belum dilantik. Sementara ini DPR dipimpin oleh dua orang pimpinan sementara, dipilih dari anggota DPR tertua dan termuda. Penetapan pimpinan DPR definitif bisa dilakukan malam ini.

Proses usulan nama itu telah sesuai Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), lima kursi pimpinan DPR menjadi milik lima partai peraih suara terbanyak. Kursi ketua DPR jadi milik PDIP sebagai pemenang Pemilu 2019, sementara 4 kursi wakil jadi milik Golkar, Gerindra, PKB, dan NasDem. (Sumber detik.com).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *