oleh

Debat Pilgub, Agusrin: Perut Warga Bengkulu Harus Kenyang

BUTINARA, BENGKULU- Pasangan calon (paslon) gubernur/wakil gubernur nomor urut 3, Agusrin M Najamudin dan Imron Rosyadi terlihat unggul dalam debat publik, putaran pertama tiga paslon yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Bengkulu, Senin (9/11) malam, di Hotel Mercure.

Dalam sesi menyampaikan visi misi dan program kerja masing-masing paslon dimulai dari paslon nomor urut satu Helmi Hasan-Muslihan, lalu paslon nomor urut dua Rohidin Mersyah-Rosjonsyah, dan kemudian terakhir paslon nomor urut tiga Agusrin M Najamudin-Imron Rosyadi terlihat jauh lebih santai dan tidak normatif dari paslon lainnya.

Agusrin-Imron menyampaikan bahwa visi misi dan program kerja tidak perlu disampaikan secara rumit atau muluk-muluk. Menurut Agusrin, visi misi tidak perlu banyak, yang paling penting itu dipikirkan adalah bagaimana perut masyarakat Bengkulu harus kenyang dan tidak boleh kelaparan artinya harus terpenuhi sembilan bahan pokok (sembako), lalu masyarakat Bengkulu harus berkantong tebal artinya tidak ada lagi yang pengangguran, kemudian sembako murah dan gampang didapat oleh masyarakat Bengkulu.
“selanjutnya yang penting juga adalah masyarakat Bengkulu harus bisa tidur nyenyak, artinya memiliki rumah yang layak, listrik dan air terpenuhi dengan baik serta pendidikan juga terpenuhi dan ibadah lancar,” tegas Agusrin yang didampingi Imron Rosyadi.

Paslon Agusrin-Imron yang memiliki visi Bengkulu Maju dan Bermartabat ini juga menyampaikan langkah kedepannya terkait program kerja lebih dalam dihadapan panelis dan penonton. Dijelaskan Agusrin, terkait soal investor menanamkan modal di Bengkulu yang harus ditawar adalah investasi tersebut harus realistis, sehingga calon investor akan percaya untuk menanamkan modal di Bengkulu.
“Hal inilah yang kita pernah lakukan waktu menjadi Gubernur 2005 sampai 2010 lalu, banyak investor yang menanamkan modal ke Bengkulu. Seperti contoh Pantai Panjang yang dulu tidak terurus kita ubah menjadi baik, sehingga menghasilkan, kemudian sejumlah pabrik sawit yang ada. Apalagi Bengkulu ini daerah yang memiliki potensial dan investasi di Bengkulu menguntungkan,” jelas Agusrin.

Sedangkan terkait soal potensi ekonomi kreatif Bengkulu, menurut Cawagub nomor urut 3 Imron Rosyadi menjelaskan bahwa dalam menjalankan pembangunan di Provinsi Bengkulu bukan hanya membangun infrastuktur saja, melainkan juga potensi ekonomi kreatif harus dikembangkan.
“Tanpa ekonomi kreatif kita tidak bisa berbuat apa-apa. Selain itu kita perlu lakukan inovasi dan loncatan agar dunia pariwisata kita maju dan berkembang, sehingga melahirkan ekonomi kreatif yang baik dimasyarakat serta menghasilkan pendapatan. Dan hal itu akan menjadi skala prioritas kita akan pengembangan maju ekonomi kreatif di Bengkulu,” papar Imron Rosyadi.

Sementara Agusrin juga menyampaikan dalam program kerja pertamanya nanti akan tetap fokus mensejahterakan rakyat terkhusus nasib para petani yang akan menjadi skala prioritas.
“Yang jelas nanti kita akan berikan lagi handtractor, akan ada 10 ribu handtractor. Sebab tujuan kita hanya menginginkan petani kita harus sejahtera,” ungkapnya.

Sebelumnya paslon nomor urut 1, Helmi-Muslihan menyampaikan visi misinya berkaitan dengan soal APBD untuk Rakyat.
“Bahwa APBD untuk rakyat bukan untuk kantong pejabat. Maka dari itu APBD untuk rakyat ini akan kita wujudkan nyata dengan menjadikan masyarakat Bengkulu betul-betul bahagia,” ujar Helmi.

Sedangkan paslon nomor urut 2, Rohidin-Rosjonsyah lebih menyampaikan soal pembenahan birokrasi yang bersih dan lebih baik.diungkapkan Rosjonsyah, dirinya sebagai Bupati Lebong sudah menerapkan e-goverment terhadap ASN.
“Untuk menjalankan pemerintahan yang bersih, maka kita menerapkan e-goverment. Setiap kinerja mereka (ASN) kita selalu awasi dengan sistem e-goverment. Dan hal ini nantinya akan kita kembangkan lagi ketika kita terpilih menjadi gubernur/wakil gubernur,” ungkap Rosjonsyah.

Sebelumnya Ketua KPU Provinsi Irwan Saputra, SAg, MM dalam sambutannya, menyampaikan, bahwa tujuan pelaksanaan debat ini bagian dari kampanye paslon yang diselenggarakan oleh KPU. Terutama dalam menyebar visi misi masing-masing pasangan calon (Paslon). “Selain itu debat ini juga bertujuan agar pemilih yang belum tentukan pilihannya diharapkan melalui debat ini mendapatkan referensi penting untuk memilih pasangan calon dengan wujudkan pemilihan yang berkualitas serta meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada serentak ini,” terang Irwan.

Untuk diketahui pelaksanaan debat dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Irwan Saputra, SAg, MM, dengan moderator dari tv nasional Yohana Margareta, mengambil tema meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah.(005)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed