oleh

Pemkot Gencarkan Pembuatan Bank Sampah

BUTINARA, BENGKULU- Walikota Bengkulu Helmi Hasan terus menegaskan seluruh pihak untuk berkontribusi dan berperan aktif dalam mengatasi permasalahan sampah di Kota Bengkulu. Hal ini disampaikannya saat membuka rakor terkait pengelolaan sampah bersama para Camat dan Ketua LPM yang berlangsung di Hotel Adeeva belum lama ini.

Helmi meminta agar forum LPM dapat menggerakan seluruh LPM di setiap Kelurahan untuk berperan aktif dan berkontribusi nyata dalam pengelolaan persampahan di Kota Bengkulu.

Helmi Hasan Titip Pesan Agar Selalu Mempersiapkan Diri Terhadap Perubahan Iklim Yang Terus Terjadi Petugas Damkar dapat Apresiasi dan Santunan dari Walikota.
“Memang permasalahan sampah ini tidak hanya masalah pengangkutan tetapi harus di reduksi dulu jumlah sampah yang akan kita angkut dan masuk ke TPA mulai dari tingkat yang paling bawah RT, RW dan peran LPM yang sangat penting,” ucap Helmi didampingi Sekretaris Daerah Arif Gunadi dan Staf ahli bidang hukum dan politik Zuliyati.

Helmi juga minta keterlibatan masyarakat juga termasuk unsur perguruan tinggi, perusahaan dan unsur pemerintahan lainnya untuk selalu menjaga kebersihan Kota Bengkulu.

Disini, bank sampah menjadi solusi, maka dari itu LPM perlu membahasnya dan membuat data daerah mana saja yang akan dibuat bank sampahnya, sehingga sampah ini nanti tak sampai ke TPA justru akan menjadi uang.
“Mudah-mudahan dengan LPM terlibat, insya allah persoalan sampah akan selesai, dan tentu saja ini tak akan pernah selesai kalau rakyatnya tidak terlibat. Maka pada kesempatan ini, saya mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga Kota Bengkulu,” ajaknya.

Bank sampah ini telah dimulai dibeberapa LPM telah melakukan gerakan pengelolaan sampah menyediakan lahan yang bekerjasama dengan pihak swasta, kemudian untuk memilah sampah dan sampah yang betul-betul tidak bisa di olah akhirnya diangkut dan dibawa ke TPA.
“LPM yang sudah bisa mengupayakan program merdeka sampah seperti di Kelurahan Sukarami yang sudah mendirikan bank sampah dan telah berjalan dengan baik,” jelas Kadis LH Medy Pebriansyah.(008/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed