oleh

RARI Sang Birokrat Merakyat

 

BUTINARA, BENGKULU- Sosok Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), Drs. Rachmat Riyanto, ST, MAP atau disapa akrab RARI tentu tak asing lagi dimata publik. Pasalnya selain masih aktif sebagai abdi negara (ASN) birokrat handal, namanya juga dikenal sebagai Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Bengkulu saat ini, yang juga dikenal merakyat dan mudah bergaul dengan siapapun.

Perjalanan karier Rachmat bisa dibilang mulai dari bawah, sebelum berhasil menembus karier eselon II tersebut, Rachmat mengawali kariernya hanya sebagai staf biasa di Pemda Provinsi Bengkulu sekitar tahun 89, kemudian titik awal kariernya tampak saat menjabat sebagai Kasubag Pemuda dan Olahraga dan Peran Wanita Setda Rejang Lebong sampai tahun 1998, lalu menjabat Kasi penetapan Dispenda Rejang Lebong tahun 1998 sampai 2001, lalu pernah menjabat Camat Kerkap Bengkulu Utara tahun 2001-2002, kemudian dipercaya menjabat Kabag Pembangunan Bengkulu Utara 2002- 2017.

Selanjutnya Rachmat juga pernah menjabat sebagai Kabag Tata Usaha Dinas Pertanian dan Pertenakan Bengkulu Utara, Kabid Perkodes Dinas PU Bengkulu Utara 2007, Kabid Tata Ruang dan Perizinan PU Bengkulu Utara 2007-2008, lalu pernah menjabat Kabid Cipta Karya Dinas PU Bengkulu Utara tahun 2008-2009, Kepala Pelaksana BPBD Bengkulu Utara 2009-2014, kemudian menjabat Kepala Dinas pekerjaan Umum (PU) Bengkulu Tengah (Benteng) 2014-sekarang sekaligus rangkap jabatan sebagai Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Bengkulu Tengah (Benteng).

Tidak hanya itu, selain dikenal sebagai pejabat, sosok Rachmat juga aktif dalam organisasi kemasyarakatan, ia pernah menjadi Ketua KNPI Bengkulu Utara 2003-2006, Ketua MPC Pemuda Pancasila Bengkulu Utara 2012-2017, dan saat ini menjabat sebagai Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Bengkulu.
“Jabatan itu amanah yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Sesuai dengan motto saya berpikir logis, dan bertindak bijak. Artinya sesuatu harus terukur, dan kita tidak bisa bermain berandai-andai,” tegas Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Bengkulu, Rachmat Riyanto ini.

Sebagai alumni dari IPDN, ditambahkan Rachmat, bila ingin meraih kesuksesan harus diutamakan dalam disiplin diri dan bekerja keras penuh keikhlasan serta mudah bergaul dengan siapapun, dan tentu yang utama juga selalu rajin berdoa penuh keyakinan kepada Allah SWT.
“Apalagi ASN itu jangan hanya terjebak dengan kesibukan rutinitas kerja semata. Jadi ASN juga harus aktif di organisasi kemasyarakatan, membangun jaringan serta pergaulan yang luas. Karena dengan pergaulan kita yang luas, kita juga dapat mengetahui semua dan perkembangan apapun,” ungkap Suami dari DR. Susilo Darmarini.

Selain itu lanjut Rachmat, peran dari keluarga baginya sangat penting dalam mensupport kerja dan rutinitasnya selama ini. Ia juga tak pernah lupa dalam mengisi waktu luang dengan berkumpul bersama keluarga, teman dan sahabat.
“Alhamdulilah peran istri dan anak-anak saya selama ini sangat dirasakan sekali. Sebab merekalah yang mensupport saya, hingga saya bisa seperti sekarang ini,” tukas Rachmat yang dikenal ramah ini.(**)

**DAFTAR RIWAYAT HIDUP
-Nama: Drs. Rachmat Riyanto, ST, MAP
-Tempat/tgl lahir: Curup, 13 Desember 1966
-Jenis kelamin: Laki-laki
-Agama:  Islam
-Status: Menikah
-Kewarganegaraan: Indonesia
-Jabatan ASN: Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng)
-Jabatan Organisasi: Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Bengkulu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed